Rabu, 19 Januari 2011

KAIDAH UMUM MENGHAFAL AL-QUR’AN

iki Alquranku dewe lho,hihi
Kaidah pertama
Ikhlas adalah rahasia untuk mendapat taufiq Alloh SWT

Menghafal Al-Qur’an harus ikhlas karena Alloh SWT serta mencari keridloan-Nya. Barang siapa yang menghafal Al-Qur’an agar dikatakan dia itu orang yang hafal Al-Qur’an atau ntuk berbangga diri agar dipuji orang , maka dia tidak akan mendapatkan pahala bahkan akan mendapatkan dosa.
Kaidah kedua
Menghafal diwaktu kecil bagaikan mengukir diatas batu

Umur yang baik untuk menghafal Al-Qur’an adalah umur 5-23 tahun . Dibawah umur 5 tahun akal seseorang masih lemah , sementara diatas umur 23 tahun akal seseorang sudah mulai melemah / berkurang.

Kaidah ketiga
Memilih waktu & tempat yang pas untuk menghafal

Waktu yang paling baik untuk menghafal adalah waktu menjelang shubuh dan setelah fajar. Dan jangan menghafal Al-Qur’an pada saat pikiran pusing atau pada saat sedang gundah dan banyak masalah . Adapun sebaik-baik tempat untuk menghafal Al-Qur’an adalah mesjid. Jangan menghafal di pinggir sungai , didepan cermin atau di tengah-tengah taman.

Kaidah keempat
Berpedoman hanya pada stu mushaf

Hafalkan Al-Qur’an dengan mushaf cetakan Madinah Al-Munawwaroh dan jangan merubahnya dengan mushaf yang lain agar tidak membingungkan tempat-tempat ayat yang telah anda hafal.

Kaidah kelima
Perbaiki bacaan sebelum menghafal Al-Qur’an

Sebelum menghafal Al-Qur’an , hendaknya anda membetulkan dahulu bacaannya . Dan pembetulan itu mencakup harokat ( vokal ) , tempat keluarnya huruf ( makhroj ) dan sifat-sifatnya serta kaidah-kaidah ilmu tajwid . Hal ini tidak bisa hanya usaha sendiri , akan tetapi harus dibantu oleh syeikh yang mutqin ( bagus bacaannya ). Jika tidak ada syeikh , dengarkanlah kaset-aset murottal Imam-imam timur tengah.

Kaidah keenam
Metode saling menyambung membuat hafalan kuat

Diantara kaidah penting dalam menghafal al-Qur’an adalah “metode penggabungan”. Ketika kita sedang menghafal QS. Al-Fatihah misalnya , bacalah akhir ayat pertama kemudian sambung dengan cepat tanpa berhenti dengan awal ayat kedua. Contoh
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين َ* الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ * مَالِكِ يَوْمِ الدِّين ِ*
Ulangi cara ini berkali-kali dan tidak kurang dari 5 kali.

Kaidah ketujuh
Menghafal lambat tapi pasti , lebih bagus daripada cepat dan buru-buru

Khatib Al-Baghdaday berkata : Selayaknya bagi para penghafal Al-Qur’an untuk menguatkan hafalannya , jangan menghafal banyak-banyak , hafalkan sedikit demi sedikit sesuai dengan kemampuanmu .

Kaidah kedelapan
Tinggalkan perbuatan maksiat

Ali bin Khasyram berkata pada Waki’ bin Jarah : “ Saya orang yang bodoh , tidak punya hafalan , maka ajarilah saya obat untuk bisa menghafal “! Waki’ menjawab : “Wahai anakku , demi Alloh tiada sesuatu yang paling mujarab obatnya menghafal Al-Qur’an dibandingkan dengan meninggalkan maksiat .

Kaidah kesembilan
Mengulangi tiap hari dapat menguatkan hafalan

Muroja’ah ( Mengulang ) yang telah dihafal , sama pentingnya dengan menghafal. Bahkan menurut saya muroja’ah itu lebih penting dari menghafal . Seorang penya’ir berkata : “ Kuatkan hafalan dengan muroja’ah Karena kuatnya hafalan dengan muroja’ah.

Kaidah kesepuluh
Kembali kepada Alloh dengan do’a dan dzikir dan mohon bantuan-Nya

Bagunlah pada sepertiga malam terakhir, khususnya malam jum’at . Berdo’alah !!! agar dimudahklan menghafal Al-Qur’an . Dan solatlah empat roka’at. Roka’at dengan surat yaasin, roka’at kedua dengan surat Ad-Dukhon, roka’at ketiga dengan surat As-Sajdah dan roka’at kekempat dengan surat Tabarok.

Pelengkap
Makanan-makanan yang membantu untuk menghafal

Sebagai pelengkap, saya sebutkan dengan ringkas pendapat para ahli ilmu mengenai makanan yang membantu hafalan .

Zuhri berkata : “Minumlah madu ! Karena madu bagus untuk hafalan”. Campurkan madu dengan minyak habbatus sauda’sangat bermanfaat untuk memperbagus suara dan menghilangkan dahak.

Makanlah zabib ( anggur kering ) dengan air ludah maka akan menguatkan hafalan . Seseorang datang kepada Ali bin Abi Thalib mengadukan tentang sering lupa , maka beliau berkata : “ Hendaklah anda minum susu sapi ! karena hal itu dapat memberi rangsangan hati dan menghilangkan lupa . Dan berkata juga : Hendaklah anda makan delima, karena dapat menguatkan lambung . “ Diantara obat yang sangat bermanfaat adalah minum air zamzam dengan niat untuk menghafal. Para Ulama terdahulu minum air zamzam dengan niatan yang bermacam-macam maka Alloh kabulkan do’anya .

Diriwayatkan bahwa Ibnu Hajar Al-Askolany minum air zamzam dengan niatan semoga Alloh menjadikannya ahli dibidang ilmu hadits seperti Ad-Dzahaby , lalu Allah mengabulkannya. Dan datang setelah itu imam Suyuty meminum air zamzam dengan naitan supaya ahli dibidang fiqih seperti sirojuddin Al-Bulqiny dan dalam ilmu hadits seperti Hafizh Ibnu Hajar A-Askolany maka Alloh mengabulkannya.

Diantara makanan yang berfaidah juga adalah ikan yang segar . Karena dalam ikan terdapat vitamin yang dapat menguatkan otak.

Saudaraku …. Jikalau anda mengalami kendala dalam masalah hafalan , maka cobalah obat nabawi diatas dengan ikhlas . Telah di coba oleh kebanyakan orang dan Alloh mengabulkan apa yang mereka inginkan. Hindarilah makan yang berlebihan, karena akan menyebabkan kekenyangan . Dahulu para syeikh berkata : “Kekenyangan menghilangkan kejeniusan”.

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar terbaik anda,insyaAlllah untuk kebaikan bersama

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More