Jumat, 16 Maret 2012

Lagi Futur Tadz!!!!

KRONOLOGI (wah kok kayak serem malahan ^^).

Dipagi yg sangat cerah,klo aslinya sih lebih pantas disebut PANAS,dengan senang hati(maklum libur,kamis jumat) ku melangkahkan kaki,menyempatkan waktu,menyambung hati dengan yg di Indonesia dan sekitarnya,tak disangka ada santri yg OL juga yak,dan seperti biasa,klo cerita ujung-ujungnya ada saja keluhan masalah FUTUR.(futurnya terfokus pada ngaji) Bahkan dengan sanad yg mutawatir pun,ana sudah mendengar sendiri kata futur itu terucap dari mulut santri TKs.(padahal zaman penulis dulu tks,ga kenal futur lho). Wah memang ada penurunan nih. Maklumlah era futuristic seperti sekarang ,semua serba canggih dan cepat,futurnya juga ikut cepat.
 Sebenarnya ana sendiri lagi futur berat,karena…..

Kerena apa tadz??
 Itu lho…
Apa?
 Eh ga jadi ^^..hehehe
BTW,sore hari setelah sholat asar ditegakkan,penulis berjalan menuju masjid nabawi yg penuh inspirasi,guna mencari tips-tips penangkal futur,yg lebih kuat dr penangkal petir ,agar kita bisa saling beristifadah walau jarak memisah. Corat –coret buku kesayangan disamping menunggu buka puasa(padahal ga puasa yak),berharap muadzin segera berdiri,agar zam-zam segera membasahi hati..hehehe,akhirnya inspirasi itu datang juga,dan selesai sebelum muadzin melempar mig yg dipegangnya. Ini dia...

TUJUH (7) KIAT,FUTUR MINGGAT.

 Aslinya ada banyak sih,Cuma yg terlintas baru ini,dan moga-moga bermanfaat buat semua. Secara rinci dari 7 ini kita ringkas intinya menjadi 3 pertama berkaitan hubungan dng Allah,1 poin hubungan dgn manusia,3 poin terakhir berhubungan erat dgn pribadi masing-masing.
1. Dekat-dekat dgn Yg Maha Dekat. Wah apaan nih,??? Biasanya orang lagi futur itu pertanda hati lagi banyak maksiat. Dan berefek pada ibadah,yang harusnya ngaji bikin bahagia,malah sebaliknya dll. Tapi kan ibadah-ibadah itu tadi mendekatkan kita pada Allah ???,iya,tapi ada yg hilang pada saat kita ibadah tadi. Yaitu rasa dekat kita ,rasa Ma’iyatullah,dan Muroqobatullah. Ngaji 5 waktu jadi sekedar rutinitas tanpa menghadirkan Allah dalam setiap kalimatnya. Klo sudah begitu,ya pasti males-malesan deh. Dengan merasa Allah itu dekat,maka ada secerca harapan futur itu kabur. Bahkan 1 poin ini saja uda cukup kali.
2. Merefresh niat. Kalau futur sudah melanda bawaannya males,dan bahasa gaul ala santri,”lagi ga niat og tadz” hehehe,maka perlu pembaharuan niat dalam segala aktivitas,terlebih dalam menghafal AlQuran yg merupakan Kalamullah. Klo niatnya selalu Lillahi ta’ala,orang sedunia mau bilang” kok antum ga khatam-khatam””kapan lulusnya ente””ayo ngebut2” ga akan terpengaruh,kamu akan berjalan dengan tenang dan yakin. Orang ana menghafal AlQuran benar-benar dari hati yg paling dalam kok...wessss,mantab.
 3. Mengalirkan Air Mata,Bukan sekedar Keringat. Maksudnya,dalam menghafal Alquran itu tidak sekedar modal kerja keras,tapi ini semua Taufiq dari Allah,harus berimbang. Jangan ngajiiiiiii terus,tapi dalam waktu yg sama maksiattttttt terus. Walaupun khatam ga kan berkah,malah menjadi pemberat di akherat. Dan tidak juga minta pada Allah terus tapi ga usaha,bohong juga namanya. Banyak-banyak beristighfar dan memohon ampun kpdNya,kapan pun dan dimanapun. Disertai aliran air mata mu,membuat hati kembali lapang. Dan siap beraktivitas dgn lebih giat lagi.
4. Terampil pilih sobat. Ini yg termasuk faktor kuat penyemangat dan penyebab futur pada diri kita. Kalau kita berteman dgn kawan yg himmahnya pendek,maka ya akan ketularan .”eh,enakan tidur nih”” ngapain ngaji sampe malam2,besok pagi juga bisa”” ada yg baru nih,novel yg sangat menyentuh” dll ,pokoknya membuat rajin kita menurun,seakan akan membantu tapi menghalangi. Alangkah indahnya jika bersahabat dgn kawan yg tinggi himmahnya. Kita baru mau ndobos saja sudah disemangati” Ayo ikut ana ke masjid,kita murojaah bareng,ntar lulus jadi yg terbaik”.. whusss,subhanallah yak.Mau futur,ga bakalan jadi klo diingatkan trus begini. Cuma terkadang orang yg seperti ini di terlantarkan yg lain dengan balasan cercaan “ cieee,alim nih”. Wah-wah,pokoknya kubu kebaikan dan kejelekan senantiasa kan bertarung deh.
 5. Kerjakan hal-hal yg sehat dan Nikmat. Klo lagi males sudah puncak,mungkin cara ini juga bisa kita pakai sebagai solusi. Berdasarkan pengalaman dulu kala. Klo lagi futur,kita alihkan ke kegiatan yg kita sukai,asalkan tidak menggangu progam inti. Yg seneng ndaki,ndaki....pingin lari,lari kebukit,trus merenung. Yg suka makan,makan yg banyak sampai kembali semangat.(apa ada ust,??? Oh saya sendiri juga seperti itu..hehehe)
6. Memendam dalam catat. Klo yg ini kembali ke person masing-masing. Klo orangnya setipe dengan penulis,menulis itu bisa memecahkan berbagai masalah yg tak mampu dipecahkan oleh pikiran yg sekedar membayang. Lagi futur,tulis besar-besar di buku pribadimu”woi futur,rasain pukulan ku,,,pokkkk..ahhkkkggg...hahahaa,akhirnya futurku mati”. Dan contoh-contoh yang lain. Tapi jangan ditulis di facebook,ntar dikira galau(emang lagi galau jee). Cukup dirimu saja yg mengetahui.oke. atau dibuat note seperti ini juga bagus. Buat hiburan yg lain..hehehe...”masalahmu adalah hiburanku” sadis. 7. Sedikit(sedikit) dirumat & Hemat Yg terakhir ini agak keren dikit. Maksudnya ,ketika semangat baru sudah mulai muncul,jangan langsung mak brek,berubah total seperti baja hitam rx. Tapi mulailah dengan yg ringan-ringan dulu. Kata Nabi” amalan yg dicintai Allah: yg istiqomah walau sedikit”. Kalau langsung kita jor-jorkan semangat itu,bisa-bisa baru 3 hari,futurnya malah tambah parah. Bukannya hilang. Sebab sudah disemangati,murojaahnya langsung 3 juz tiap jam...wusssss...baru dhuhur juga sudah ngiler,trus libur ngaji 3 bulan. Parah tha. Sabar,sedikit-sedikit,trus perlahan maju-maju dan akhirnya masuk kali.hehehe

 Itu tadi sekedar tips-tips ringan buat adik-adikku di 2 menara,semoga bermanfaat ya. Oh ya,khusus kelas 3,sudah ga ada kata futur lho dalam kamus kalian,sudah diujung umur .Selamat berjuang,selamat menempuh kerikil-kerikil yg tajam,Semoga Allah menguatkan kaki-kaki kalian.

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar terbaik anda,insyaAlllah untuk kebaikan bersama

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More